Wednesday, December 12, 2018

Standar 4C Pada Batu Mulia

Untuk penilaian batu mulia harus bisamemenuhi standar 4C yaitu cut, color, carat dan clarity. Untuk kriteria pertama yaitu cut (pemotongan) yaitu semakin kecil cuttingan maka semakin tinggi nilai jualnya. Sebaliknya, jika sebuah batu mulia terlihat sederhana atau tidak berbentuk sama sekali maka nilai jualnya akan makin rendah.

Kriteria kedua yaitu color (warna) yaitu biasanya semakin jernih dan berkilau suatu batu mulia, maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi. Namun jika batu mulia terlihat kusam tentu nilai jualnya akan rendah. Hal ini juga sama untuk ketajaman warna semakin tajam warna semakin mahal contohnya batu blue topaz london yang warnanya biru tua lebih mahal dari blue topaz swiss yang warnanya biru muda.

Kriteria ketiga adalah carat, dalam hal ini sistem pengukurannya mirip dengan emas, yaitu semakin berat sebuah batu mulia maka semakin tinggi harganya. Apabila semakin ringan berat karatnya, maka otomatis harganya pun akan semakin rendah.

Kriteria terakhir adalah kejernihan (clarity) biasanya semakin jernih atau semakin cerah batu mulia harganya pun semakin naik.

Mengenai masalah kejernihan batu mulia ini sendiri dapat diklasifikasikan ke dalam lima macam yaitu
  1. Imperfect, sebuah batu masuk ke dalam kategori ini jika pengotor bisa dilihat dengan mud. Keberadaan tingkat pengotor tersebut mempengaruhi kecemerlangan batu mulia.
  2. Slight inclusion, sebuah batu dikatakan seperti ini apabila tingkat pengotornya agak mudah terlihat
  3. Very Slight, sebuah batu bisa dikatakan demikian apabila tingkat pengotor kecil agak masih sulit untuk dilihat
  4. Very very slight, sebuah batu yang masuk kategory ini adalah apabila pengotor dalam batu tersebut terlalu halus sehingga sangat sulit dilihat mata telanjang.
  5. Internally flawless, sebuah batu dikatakan seperti ini bila inklusi pada batu mulia tersebut tidak terlihat lagi meskipun menggunakan lup 10x zoom.
Selain tingkat kejernihan sebuah batu mulia dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat ketembusan cahaya, ada 4 macam kategory batu mulia jika dikategorykan berdasarkan tingkat ketembusan cahayanya.
  1. Transparent dimana tingkat ketembusan cahaya sebesar 100%
  2. Transculent tingkat ketembusan cahaya sebesar 75%
  3. Semi transculent yaitu tingkat ketembusan cahaya 50%
  4. Opaque, dimana batu mulia tersebut tidak tembus sinar cahaya

No comments:

Post a Comment