Wednesday, December 12, 2018

Mengenal Fenomema Pada Batu Mulia

Salah satu ciri yang terdapat pada batu mulia adalah Fenomena yang biasanya disebabkan oleh pengaruh sinar pada batu permata. Fenomena dalam batu mulia bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti susunan atom kimia, kristal, dan serat alami pada batu mulia tersebut. Berikut ini ada beberapa fenomena yang sering terdapat pada batu mulia.
  1. Asterism (star/bintang), biasanya fenomena bintang ini disebabkan oleh adanya pemantulan sinar pada serat halus berbentuk menyerupai jarum (rutiles) pada batu permata tersebut, sehingga saaat sinatr memantul maka akan memperlihatkan garis garis yang bersilang. Salahs atu batu yang memiliki fenomena bintang adalah batu ruby.
  2. Chatoyancy atau Cat eye (Mata kucing), yaitu fenomena yang disebabkan oleh adanya pemantulan sinar pada serat halus yang berbentuk pipa pipa sangat halus dan sejajar, fenomena chatoyancy ini sering terlihat pada batu akik mata kucing.
  3. Adularsence, yaitu fenomena yang berupa pemantulan sinar berpindah pindah. Pemantulan tersebut biasanya diseabkan oleh ketidakrataan struktur batu sehingga sinar menyebar. Biasanya, fenomena adularsence sering terdapat pada batu moonstone feldspar.
  4. Adventurence, yaitu fenomena yang terbentuk karena adanya pemantulan sinar pada serpihan halus di dalam batu itu sendiri. Serpihan lembut itulah yang kemudian bisa memunculkan pemantulan sinar tidak merata seperti titik titik pasir. Salah satu contoh fenomena adventurence terdapat pada batu golden sand atau pasir emas.
  5. Orient, yaitu fenomena yang berupa permunculan warna pelangi, biasanya fenomena orient ini terjadi pada permukaan mutiara yang dikarenakan lewatnya sinar melalui lapisan lapisan nacre. Karena fenomena orient inilah, maka batu mutiara terlihat indah. Ia memiliki kilau seperti pelangi yang tidak dimiliki batu lainnya,
  6. Labradorescence, yaitu pemancaran sinar yang terlihat dari sudut pandang tertentu. Biasanya pemancaran tersebut terjadi karena terganggunya jalan sinar ketika memasuki struktur batu yang berlapis lapis. Biasanya fenomena ini terjadi pada batu mulia labrador.
  7. Color change, pernahkah anda melihat cahaya merah pada lampu pijar? Fenomena color change ini hampir mirip dengan lampu pijar, yaitu perubahan warna yang terjadi pada sumber cahaya berwarna putih yang kemudian diganti sumber cahaya berwarna merah. Fenomena ini baiasa terjadi pada batu berly dan chrysoberly
  8. Play of color, yaitu fenomena warna warni yang seakan bergerak bebas pada batu opal. Fenomena tersebut biasanya dikarenakan adanya butiran butiran mikroskopis silica yang menebarkan warna pelangi.

No comments:

Post a Comment