Wednesday, December 12, 2018

Beda Berlian, Permata dan Intan, Lebih Mahal yang Mana?

Mungkin banyak yang tidak mengetahui juga khususnya orang awam bahwa berlian, permata dan intan adalah hal yang berbeda.

Permata sendiri adalah segala macam batu mulia yang biasanya dinilai dari kekerasan dan kejernihannya. Sedangkan batu perhiasan yang tidak termasuk ke dalam batu permata disebut sebagai batu akik.

Batu permata biasanya adalah batu yang memiliki standart kekerasan minimal 7 skala mohs bahkan ada juga yang menyebut yang termasuk batu permata adalah yang memiliki kekerasan minimal 8 skala mohs seperti batu blue topaz, batu peridot, batu safir dan batu ruby. Sehingga batu yang memiliki kejernihan tetapi kekerasan seperti kecubung dan citrine disebut sebagai batu semi permata.

Berlian dan intan merupakan batu yang memiliki kekerasan tertinggi didunia yaitu 10 skala mohs. Sehingga dapat dimasukkan ke dalam kelompok batu permata.

Berlian dan intan sebenarnya hampir sama, dimana intan merupakan bahan berlian yang masih mentah dan perlu diproses terlebih dahulu. Jadi berlian adalah intan yang sudah digosok dan diproses sehingga layak dipakai. Dari bongkahan intan yang besar bisa didapatkan hanya sedikit berlian didalamnya.

Mengenai mana yang lebih mahal antara berlian, permata dan intan, tentu tergantung jenis mana yang kita bandingkan. Ada golongan batu permata yang dalam ukuran sama sama kecil per crtnya lebih mahal dibandingkan berlian berwarna bening, contohnya saja alexandrite.

Sedangkan di dunia ini batu paling mahal yang pernah terjual adalah berlian biru.  Sebuah berlian biru seberat 14,6 carat terjual dengan harga 57,5 juta dollar pada sebuah pelelangan. Batu kedua termahal yang pernah terjual adalah Ruby dimana pada tahun 2015 sebuah batu ruby birma seberat 25,6 carat terjual seharga 30,42 juta dollar. Diurutan ketiga ada batu blue safir khasmir yang terjual di harga 6,7 juta dollar amerika. Batu ini memiliki berat 27,7 crt.

Dari segi tingkat kemahalan tentu berlian lebih mahal daripada intan, dimanapun juga yang namanya barang mentah tentu akan lebih murah dibandingkan dengan barang yang telah diproses sebagai sebuah produk.

No comments:

Post a Comment