Wednesday, December 19, 2018

Batu Giok, Batu Historis berharga Mahal


Batu Giok
Batu giok (jade) adalah sejenis batu mulia yang juga sering kali disebu sebut sebagai batu permata hijau. Batu giok paling banyak ditemukan di daerah tibet, tiongkok, korea dan juga birma. Beberapa daerah tersebut juga dikenal sebagai komoditas ekspor batu giok.

Pada awalnya, batu giok hanya diproduksi di daerah Ningshao (sebuah daerah yang berada di delta sungai Yangtze, Tiongkok). Produksi batu giok ini sudah terjadi sejak ribuan tahun silam.
Namun selain di Ningshao, batu giok juga ditemukan di lianin, mongolia dan juga di benua benua lain seperti di Amerika dan Asia tenggara.

Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai aksesori dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Pada sejarah tiongkok ataupun korea, batu giok seringkali dijadikan sebagai cinderamata tamu tamu istana, media pengusir roh roh halus dan juga perhiasan perhiasan untuk acara pernikahan.
 
Keberadaan batu giok pada zaman dahulu kala ini semakin diperkuat dengan ditemukannya reruntuhan bangunan sisa berdirinya dinasti shang (4.700 – 2.200 SM). Dalam temuan tersebut, telah didapati berbagai macam jenis batu giok yang menghiasi makan makam raja shang.
Sebelum dimanfaatkan sebagai perhiasan, batu giok sempat dikenal dan dipercaya sebagai media pengobatan, terutama untuk meningkatkan kesehatan. Dalam berbagai catatan seajarah kuno, sering ditemukan bukti bahwa batu giok sudah lama dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan taun yang lalu. Beberapa waktu lalu, batu khasiat giok kembali terbukti sebagai media pengobatan melalui terapi pijatan ceragem.

Dalam ilmu pengobatan timur (seperti tiongkok, tibet dan korea) batu giok seringkali dipakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik itu mulai penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat. Beberapa tabib istana sering menggunakan batu giok untuk mengobati keluarga istana. namun seiring berjalannya waktu, rakyat jelata pun juga bisa merasakan khasiat dan keampuhan batu giok.
Sebenarnya apakah yang menyebabkan batu giok dapat dijadikan sebagai media pengobatan?
Hal tersebut dikarenakan dalam batu giok terdapat mineral yang cukup tinggi dan beraneka ragam, seperti misalnya kalsium, potasium, besi, magnesium dan masih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment