Wednesday, December 12, 2018

Batu Akik Yaman


Batu Akik Yaman

Sebelum penggunaan batu bacan dan batu akik lainnya berkembang di Indonesia, batu akik yaman sudah dikenal terlebih dahulu oleh para pecinta batu akik. Batu yaman ini memiliki warna hitam kemerah-merahan dan tersebar penggunaannya di Afrika dan Yaman.  Meskipun terlihat berwarna merah kehitam-hitaman, pada saat dilaser, batu yaman akan terlihat warna merah tua seperti batu bacan merah asal Indonesia.

Batu akik yaman juga banyak tersebar di negara selain dari Afrika dan Yaman, yaitu Indonesia, India, Iran, dan China dalam berbagai warna seperti merah, kuning, abu-abu kebiru-biruan, dan putih.

Ciri-ciri Batu Akik Yaman Asli

  1. Batu akik yaman banyak mengandung air sehingga nampak basah, sehingga batu ini sangat mudah untuk dibedakan dari batu mulia lainnya meskipun hanya dengan mata telanjang.
  2. Kepadatan batu akik yaman asli lebih solid. Kepadatan ini akan terlihat jelas ketika menggunakan kaca pembesar dan senter
  3. Potongan batu yaman asli memiliki pola bertebing. Model ini sudah menjadi ciri khas batu yaman yang didatangkan langsung dari Negara Yaman. Meskipun di sebagian toko perhiasan yang memiliki model potongan sendiri seperti bulat, oval, segi empat dan segi enam, tetapi potongan pola tebing inilah yang paling terkenal di Yaman
  4. Batu yaman asli selalu disertai memo atau sertifikat asli dari Yaman. Kalau yang ini sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Batu Akik yaman asli pasti dilengkapi bukti keaslian batu.

Pertambangan Harga Batu Akik Yaman
Harga batu akik yaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

1.Jenis-jenis akik yaman
Saat ini batu akik yaman asli yang beredar di pasaran berkisar 25 jenis, dimana setiap jenisnya memiliki harga yang tidak sama. Beberapa jenis akik yaman adalah akik yaman kaabah, hitam, kalimah, merah, hijau jade dan lain-lain.

2.Kualitas
Kualitas batu akik yaman juga bisa diketahui dari kondisi batunya yang bebas dari keretakan. Jika ada retak walaupun sedikit, maka harganya akan jatuh.

3.Variasi warna
Setiap batu akik yaman memiliki ton warna yang berbeda. Hal ini juga merupakan salah satu aspek yang dinilai. Variasinya dari warna terang hingga gelap.

4.Grade akik yaman
Batu akik yaman asli jmemiliki grade dari grade 1, 2, dan 3.  Untuk yang grade 1 memiliki harga jual paling mahal dibanding batu yaman dengan grade 2 dan 3. Oleh sebab itu pastikan grade batu yaman sebelum membeli.

5.Kejelasan motif
Jika motif batu akik yaman terlihat jelas, maka harganya lebih mahal. Apalagi akik yaman yang bermotif kalimat arab, harga jualnya tentu akan lebih mahal dibanding batu yaman yang bergambar burung atau bentuk lainnya.

6.Berat dan ukuran
Berat karat batu akik yaman juga mempengaruhi nilai jualnya. Semakin berat timbangan karatnya maka semakin tinggi pula harganya.

7.Potongan batu
Ketepatan dan keindahan potongan batu akik yaman juga turut mempengaruhi harganya. Semakin rapi dan indah maka harganya akan semakin tinggi.

8.Antik
Harga batu akik yaman antik akan mengalami kelonjakan harga dibandingkan dengan batu yaman yang masih muda. Ikatan batu cincinnya juga perlu diperhatikan, karena ada yang berlapis emas dan ada juga yang hanya titanium.


No comments:

Post a Comment