Sunday, December 23, 2018

Batu Akik Teratai


Salah satu jenis batu akik yang banyak dicari para kolektor dan pencinta batu akik adalah batu akik teratai. Batu akik ini tergolong batu akik yang langka. Tidak heran jika harga jualnya tergolong tinggi.

Batu akik teratai memiliki bentuk yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikenakan.  Motif batu akik ini berbeda dari motif batu akik lainnya. Kalau motif yang terdapat di dalam batu akik lain pada umumnya bermotif garis ataupun polos saja, sedangkan pada batu akik teratai bermotif khas yaitu bunga teratai. Selain itu, batu ini juga mempunyai banyak sekali corak warna yang menarik.

Asal batu akik teratai cukup unik, karena berasal dari fosil batu karang yang mempunyai serat berlubang. Serat ini mempunyai bentuk yang cukup unik karena terlihat seperti sarang lebah atau tawon. Bentuk sarang ini menyebar ke seluruh bagian dalam batu akik ini. Seringkali bentuk serat ini sangat beragam, ada yang menyerupai kelopak mawar, bahkan ada pula serat yang terlihat mirip dengan serat pada buah nanas.

Batu akik teratai menyebar dan banyak ditemukan di daerah aliran air seperti sungai, selokan sawah di pegunungan, bahkan gua yg lembab. Motifnya yg unik serta ramai menjadikan batu akik teratai ini lebih unik dari yang lain.

Motif yang terdapat pada batu akik teratai terlihat berbeda dari motif batu akik lainnya. Tidak heran jika batu akik jenis ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Bahkan, batu ini merupakan salah satu jenis batu akik termahal yang ada di dunia saat ini. Memang sih dari bentuk dan motifnya saja sudah bisa ditebak kalau harga batu akik ini lebih mahal dari batu akik lainnya.

Saat ini batu akik teratai yang pernah ditemukan di dunia ini memiliki beberapa jenis warna, yaitu :

  1. Batu Akik Teratai Merah
  2. Batu Akik Teratai Madu
  3. Batu Akik Teratai Hitam
  4. Batu Akik Teratai Putih Tunggal
  5. Batu Akik Teratai Coklat
  6. Batu Akik Teratai Hijau

Ciri-ciri utama yang menunjukkan keaslian batu akik teratai adalah urat-urat berwarna gelap seperti alur-alur yang terlihat melingkari batu akik ini. Urat-urat batu ini berpokok pangkal yang terhubung dari berbagai arah yang disebut sebagai bunga teratai.

Sangat sulit untuk mendapatkan batu akik teratai ini. Karena itulah batu ini tidak bisa didapatkan di sembarang tempat. Tidak heran jika batu akik ini tergolong langka, sehingga harga jualnya sangat mahal.

Saat ini batu akik teratai bisa diberandol di pasaran dengan harga yang bervarisi, tergantung kualitas dari batu akik ini. Untuk batu  akik teratai asli harganya bisa puluhan juta bahkan ratusan juta. Banyak para kolektor dan pecinta batu akik bersedia membayar mahal hanya untuk memiliki batu akik terata ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment