Saturday, December 22, 2018

Batu Akik Sisik Naga



Salah satu jenis batu akik yang turut mewarnai pencarian batu akik di kalangan kolektor dan pecinta batu akik di Indonesia adalah batu akik sisik naga. Batu akik yang memiliki nama latin septarian nodules ini merupakan postural batu species batuan alam yang sangat khas dan mempesona.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan dari para pakar sejarah dan bahasa masa lampau ( filologi ), diketahui kalau nama septarian diambil dari akar kata septem yang bermakna tujuh. Dikatakan demikian karena batu akik sisik naga memiliki corak dengan bentuk yang menyerupai rangkaian 7 bola berbentuk oval hasil dari lumpur retak yang kalau di-permak menghasilkan 1 batuan yang sangat khas.

Batu akik sisik naga untuk pertama kalinya ditemukan di benua Amerika yaitu di negara Meksiko. Para ahli arkeologi dan geografi menyatakan kalau batu sisik naga merupakan batu berharga hasil dari letusan gunung berapi lokal pada 100 juta tahun yang silam, Di kala itu bumi masih serupa samudra, sehingga tatkala letusan terjadi maka laut kala itu menjadi beku tertutup material letusan, sehingga yang tampak hanyalah bongkahan bongkahan batu berkilau dan unik yang kelak menjadi berharga dengan nama akik septarian nodule atau batu akik sisik naga.

Sejarah Munculnya Batu Akik Sisik Naga di Indonesia

Keberadaan batu akik sisik naga tersebar merata hampir di seluruh dunia. Sudah banyak para arkeolog yang menemukan batu jenis ini dari berbagai penggalian yang dilakukan. Batu akik sisik naga juga banyak ditemukan di Indonesia.

Kemunculan batu akik sisik naga pertama kali di Indonesia di daerah Kabupaten Enrekang, propinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten ini berjarak kurang lebih 253 km dari Kota Makassar dengan jarak tempuh 6-7 jam dari Kota Makassar yang merupakan Ibu Kota Sulawesi Selatan. Awalnya batu akik ini ditemukan pada tahun 2014 oleh salah seorang warga asal Bone bernama Imran yang tinggal di Enrekang. Lokasi penemuannya lokasi penemuan di area sungai hilir tepat di bawah lereng gunung lokal Enrekang.

Sejak batu akik sisik naga ditemukan di Indonesia, maka banyak para pecinta dan kolektor batu akik yang tergila gila dan bersedia untuk membayar mahal kepada siapapun yang mau menjual batu akik ini kepada mereka. Atas dasar itulah, masyarakat berlomba lomba untuk mencari batu akik sisik naga dilokasi terdekat dari penemuan awal.

Corak Batu Akik Sisik Naga

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh batu akik sisik naga adalah coraknya yang berbentuk unik yang terlihat menyerupai kulit kura kura dengan bahan dasar emas dan tembaga. Batu akik sisik naga dengan corak ini tergolong jenis batu sisik naga yang termahal dan paling diburu oleh kolektor, apalagi untuk yang berwarna cerah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment