Friday, December 21, 2018

Batu Akik Puser Bumi


Berbicara tentang batu akik seakan-akan tiada habisnya. Apalagi, batu akik merupakan salah satu jenis batu mulia yang lagi ngentred di nusantara saat ini. Para pecinta dan kolektor batu akik seakan berlomba-lomba untuk mendapatkan batu akik idamannya. Salah satu jenis batu akik tersebut adalah batu akik puser bumi.

Berbicara lebih lanjut tentang batu akik puser bumi, perlu diketahui bahwa batu akik ini bisa digolongkan ke dalam jenis batuan Sub-Chalcedony Agate yang memiliki keunikan dari segi corak dan warnanya .

Batu akik puser bumi disebut dengan puser bumi dikarenakan corak lingkaran yang terdapat pada batu akik ini menyerupai sebuah pusaran dan penambahan bumi yang menjelaskan kalau proses pembentukan batuan tersebut berasal dari pembentukan alam. Karena keunikan dan nilai seni yang begitu tinggi pada batu ini, menjadikan para pecinta dan kolektor batu akik berlomba-lomba untuk memiliki batu akik ini. Inilah yang menjadikan batu akik puser bumi memiliki harga jual yang sangat mahal saat ini.

Batu akik puser bumi merupakan varian dari Chalcedony atau Crptocrystalline yang memiliki kilauan seperti. Di dalam batu akik ini terdapat kandungan Silikon Dioksida ( SiO2) yang lebih banyak alias dominant. Selain itu, di dalam batu ini juga terkandung beberapa beberapa jenis kandungan mineral lainnya seperti besi , magan , dan lain-lain . Komposisi dari tiap-tiap batuan puser bumi memiliki perbedaan yang disebabkan oleh struktur kandungan mineral pada lingkungannya.

Tingkat kekerasan yang dimiliki oleh batu akik puser bumi ini berkisar 6.5 – 7 Skala Mohs . Termasuk batuan berkelas permata dengan spesifik grafitasi 2.6 – 2.7 . Batu akik puser bumi ini digolongkan ke dalam grup Silkat , Tectosilicate , dengan bentuk kekristalan Hexagonal dan tembus cahaya

Batu akik puser bumi memiliki beberapa varian warna seperti putih, merah, biru, kuning, hijau, abu-abu, orange, coklat , hitam, pink, dan warna transparan atau putih bening ( lebih condong ke batuan Quartz ).

Harga Jual Batu Akik Puser Bumi

Batu akik puser bumi tentu saja memiliki harga jual yang lumayan tinggi jika dijual kepada para kolektor dan pecinta batu ini. Bahkan sebagian dari para kolektor dan pecinta batu akik yang sedang mencari batu akik jenis ini berani membandrol dengan harga yang sangat tinggi. Harganya ratusan ribu, jutaan, atau puluhaan juta. Tergantung bagaimana kondisi dari batuan tersebut . Namun secara umum, harga jual yang umumnya berlaku untuk batu puser bumi ini tidak terlalu mahal . Untuk batu akik puser bumi berukuran kecil bisa dibandrol dengan harga Rp 300 ribu - Rp 500 ribu . Untuk ukuran besar yang cocok untuk dibuat liontin bisa dijual seharga Rp 1 juta. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment