Sunday, December 16, 2018

Batu Akik Pandan


Batu akik pandan merupakan salah satu jenis batu mulia yang bernilai tinggi dan disukai oleh para penggemar batu mulia. Ciri khas utama dari batu ini adalah serat di dalam batu yang membentuk sebuah serat lindung berbentuk laksana perisai atau pelindung.
Batu akik pandan ini mudah ditemukan di daerah Betawi. Bahkan, batu ini juga dikenal sebagai batu akik Betawi karena berasal dari sana. Dari segi harga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan batu akik atau batu mulia lainnya. Bedanya, tekstur batu akik ini lebih keras sehingga harganya jauh lebih mahal dibandingkan batu akik lainnya.
Harga batu akik pandan jauh lebih mahal lagi jika dipotong dengan bentuk yang rumit. Hanya sekedar saran saja, untuk batu jenis ini sebaiknya dipotong dengan model yang sederhana.
Cara Merawat Batu Pandan yang Benar
Perawatan batu akik pandan sebenarnya cukup mudah, tidak sulit. Pentingnya melakukan perawatan karena membantu batu akik mendapatkan warna yang tua harga akan lebih mahal ketika dijual.
1.Menjemur batu
Salah satu cara merawat batu akik pandan untuk mendapatkan warna yang lebih tua dan indah adalah dengan menjemur batu di bawah sinar matahari. Sebaiknya waktu menjemur dilakukan di pagi hari pada saat matahari masih hangat dan tidak terlalu panas. Lama penjemuran juga harus tidak lebih dari 1 jam saja.
2.Di rendam
Cara perawatan batu akik pandan berikutnya adalah dengan merendam batu akik menggunakan air kelapa muda. Sebaiknya rendam selama kurang lebih 1 jam setiap minggunya jika ingin mendapatkan warna batu ini tetap cantik.
3.Di gosok halus
Untuk mendapatkan warna batu akik pandan yang lebih bagus, cobalah menggosok batu akik ini. Gunakanlah kain yang halus agar batu akik ini tetap bersih dan bebas dari kotoran yang dapat mengakibatkan keindahan batu akik ini menjadi rusak.
4.Sering digunakan
Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk merawat batu akik pandan ini adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Sebab jika disimpan, batu akik ini malah lebih mudah rusak.
Adapun jenis-jenis batu akik pandan khas betawi yang banyak di tanah air saat ini adalah batu akik pandan kapas, batu akik pandan nanas, batu akik pandan merah, batu akik pandan lumut, batu akik pandan oli, batu akik pandan sutera.
Dari sekian banyak batu akik pandan di atas, batu akik pandan kapas merupakan batu akik yang terbaik dan termahal. Keunikan batu ini terletak pada sisik yang seperti awan mengumpul di dalam batu. Jika batu akik pandan jenis ini dirawat dengan sebaik mungkin maka batu akik ini akan mengeluarkan warna yang berbeda-beda. Biasanya perubahan warna ini cukup lama dan tergantung dari perawatan yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment