Wednesday, December 12, 2018

Batu Akik Pancawarna


Batu Akik Pancawarna

Pecinta batu mulia di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Beragam jenis batu akik dengan beragam pesona seakan mewakili keindahan daerah dari berbagai pelosok nusantara. Sebut saja seperti batu akik junjung drajat, batu akik yaman, batu akik pancawarna, batu akik merah siam, dan yang lainnya.

Dari sekian banyak jenis batu mulia yang terdapat di tanah air, salah satu yang menyajikan keindahan warna yang begitu mempesona tanpa cela adalah jenis batu akik pancawarna. Perpaduan beragam warna alami pada batu ini menjanjikan sebuah keunikan yang eksotik dari batu akik panca warna.

Asal penamaan batu akik pancawarna diambil dari bahasa zaman kerajaan yaitu bahasa sansekerta yang berarti lima warna. Batu ini memang beda dengan batu akik yang lainnya dikarenakan perpaduan 5 warna dalam satu batu akik. Tidak heran jika batu mulia ini sangat terkenal di masa kerajaan dahulu karena nilai seninya yang begitu tinggi.

Batu akik pancawarna memiliki beberapa warna dasar yang terpadu secara dan menghasilkan tampilan yang indah tiada tara. Warna merah, biru, hijau coklat atau warna yang lainnya bisa menghiasi keelokan dan keindahan pada batu mulia ini. Adapun harga yang ditawarkan untuk keindahan yang terdapat pada batu akik pancawarna bisa beraneka ragam, disesuaikan dengan ragam keindahan perpaduan warna yang tersaji.

Harga yang dipatok untuk batu akik pancawarna yang sintetis atau bukan asli dari alam berkisar Rp.200.000. Sedangkan untuk pancawarna asli dari alam harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Kabarnya batu akik pancawarna yang ada di pasaran saat ini selangit dan berpeluang besar dijadikan investasi akan meraup keuntungan yang tinggi. Bayangkan saja, dari 1 Kg bongkahan dengan harga dikisaran 2-3 jutaan dapat dijadikan kurang lebih 50 biji batu cincin. Adapun harga untuk 1 batu cincin pancawarna berkualitas bisa dihargai lebih dari 3 jutaan.

Cara Membersihkan Batu Akik Pancawarna

Cara membersihkan batu akik pancawarna cukup mudah, yang Anda butuhkan hanyalah sabun dan jeruk nipis. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa penggunaan jeruk nipis secara berlebihan karena dapat mengakibatkan komposisi kandungan kalsium yang ada di dalam batu semakin berkurang . Apalagi untuk jenis batu panca warna garut endong.

Perlu diketahui bahwa mineral dan kalsium yang ada di dalam batu akik pancawarna , membentuk warna yang justru semakin menambah keindahaan dari batu tersebut . Ciri khas dari batu panca warna terletak dari banyaknya warna yang terlihat . Saat warna tersebut menghilang , tentunya keindahaan dari batu tersebut tentu akan berkurang.

Cara lain untuk membersihkan batu akik pancawarna adalah dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat . Hal ini sangat efektif dalam menjaga kualitas warn batu akik tersebut. Caranya, gosokkan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat tersebut secara perlahaan searah pada area permukaan batu . Dengan cara ini, batu akik tidak saja menjadi lebih bersih , tetapi juga membuat batu tetap terjaga kekerasan dan kepadatannya. Semoga bermanfaat.







No comments:

Post a Comment