Sunday, December 16, 2018

Batu Akik Mani Gajah


Batu akik mani gajah adalah batu akik berwarna putih kekuningan hampir seperti marmer. Menurut cerita, batu akik ini berasal dari fosil yang usianya mencapai ribuan tahun lamanya.  Sebagian orang ada juga yang beranggapan kalau batu akik ini terbentuk dari sperma gajah yang membeku dan menjadi batu.

Batu akik mani gajah tergolong batu akik yang sangat langka dan berharga. Harga jualnya saja berkisar 1 juta hingga 1 milya per gramnya. Tidak heran jika para kolektor dan pecinta batu akik terus berburu batu akik ini. Tenu saja memiliki salah satu dari batu ini akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Kata mani pada batu akik mani gajah ini bukanlah kiasan, tetapi memang mengacu pada makna asli yang berarti sperma. Bisa Anda lihat sendiri nama batu akik ini memang sedikit agak aneh namun nama batu ini diambil dari cerita mitos di balik nama batu akik ini.

Konon di daerah Sumatera tepatnya di daerah Jambi, Sumatera Selatan, terdapat sebuah suku minoritas yang masih bertempat tinggal di hutan dan habitatnya masih menjadi satu dengan habitat gajah. Suku tersebut bernama Suku Kubu. Nah, dahulu kala ada seekor gajah yang lebih suka hidup menyendiri, sehingga dinamakan Gajah Tunggal. Gajah tunggal ini hanya mengalami masa kawin pada bulan purnama saja. Uniknya, saat proses perkawinan selesai, gajah ini akan membersihkan sisa sperma yang ia keluarkan dengan cara menguburnya. Nah, sisa sperma yang ditinggalkan oleh gajah tadi dan telah terpendam ternyata mengeras dan  mengkristal dan menyerupai batu. Sejak saat itulah dikenal batu akik mani gajah. Terlepas benar tidaknya cerita di atas, yang pasti batu akik mani gajah ini tergolong langka dan mahal.

Batu akik mani gajah ini berwarna kuning dan tembus pandang kalau kita menerawangnya. Di bagian dalam batu akik ini nampak warna keruh dan banyak bintik-bintik layaknya sperma yang sudah mati dan mengeras. Kalau batu mani ini dipegang, akan terasa dingin dan mengeluarkan air lendir yang lengket.

Ciri-Ciri Batu Akik Mani Gajah Asli

Karena batu akik mani gajah ini tergolong langka dan memiliki harga yang mahal, menjadikan banyak orang-orang yang tidak bertanggungjawab berusaha membuat batu akik mani gajah imitasi. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa keaslian batu akik mani gajah ini sebelum Anda membelinya, agar Anda tidak menderita kerugian.

Adapun ciri-ciri batu akik mani gajah asli adalah sebagai berikut :
  • Tingkat kekerasannya sebesar 6.5 skala Mohs
  • Terdapat titik seperti sperma dan akan terlihat dengan jelas apabila diterawang atau diliat menggunakan kaca pembesar.
  • Mengeluarkan mengeluarkan cairan jika diusap dan akan terasa lengket jika diusap terus menerus
  • Batu akik mani gajah asli tahan terhadap api dan tidak meleleh ketika dibakar

Demikianlah informasi seputar batu akik mani gajah beserta ciri-ciri keasliannya. Semoga dengan informasi ini Anda bisa membedakan antara batu akik mani gajah asli dan palsu, sehingga Anda tidak tertipu karena membeli batu yang palsu. Semoga bermanfaat.


 

No comments:

Post a Comment