Tuesday, December 25, 2018

Batu Akik Katilayu



Batu akik getah katilayu adalah nama untuk sebuah batuan fosil yang dibuat cincin dan perhiasan. Batu ini disebut-sebut sebagai batu akik yang berasal dari Getah ( Sap ) dari Pohon Katilayu. Pohon tersebut mengalami perubahan pada kandungan organiknya selama kurang lebih ribuan tahun lamanya. Fungsi batu cincin tidak saja untuk perhiasan, tetapi juga terbukti bisa menarik ikan-ikan untuk mendekat. Itulah sebabnya kenapa banyak dari para pemancing ulung yang menggunakan batu ini sebagai pemberat untuk menarik ikan agar mendekat. Tentu kalau sudah mendekat lebih mudah untuk dipancing.

Cara Mengetes Batu Akik Getah Katilayu Asli

Cara mengetes batu akik getah katilayu agar terbukti asli atau tidak cukup mudah dan sederhana. Caranya, masukkan batu akik getah kayu tersebut ke dalam kolam atau akuarium yang berisi ikan. Kalau batu akik tersebut betul-betul asli getah katilayu, niscaya ikan akan berdatangan dari seluruh penjuru kolam atau akuarium tersebut mendekati batu tersebut.

Kemungkinan besar aroma khusus yang terpancar dari batu akik getah katilayu yang menyebabkan ikan-ikan tersebut berdatangan. Bau yang terpancar dari getah katilayu sangat alami . Tidak ada hal-hal magis atau ajian khusus untuk itu.

Untuk Anda yang gemar memancing, Anda bisa memanfaatkan batu akik getah katilayu ini untuk memancing ikan-ikan agar berdatangan mendekati joran Anda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan :

Cara pertama : Masukkan batu akik getah katilayu ke dalam air selama beberapa detik. Pada saat ikan-ikan berdatangan, kemungkinan besar ikan-ikan tersebut akan melihat umpan kail Anda dan memakannya.

Cara kedua : Merakit batu getah katilayu menjadi pemberat joran. Hanya saja untuk membuat pemberat joran menggunakan batu getah katilayu membutuhkan keahlian khusus, karena kalau salah bisa-bisa batu tersebut pecah saat dibor atau digerinda, atau bahkan hilang dari joran Anda saat dimasukkan ke dalam air. Dengan membuat batu getah katilayu sebagai joran, Anda tidak perlu memasukkan tangan anda ke kolam yang nantinya bisa memancing perhatian orang-orang kepada Anda.

Batu Akik Getah Katilayu Super & Harga Jualnya

Batu akik getah katilayu super memiliki warna coklat  kemerah-merahan. Selain itu ada juga yang berwarna hitam yang didomonasi warna merah seperti yang berasal dari Kalimantan. Secara umum getah katilayuyang berwarna hitam kecoklatan dan beberapa jenis getah katilayu lainnya berasal dari Pulau Jawa seperti Cirebon, Inderamayu, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur.

Untuk harga jual, batu akik getah katilayu yang asli bisa diberandol dengan harga . Rp 400 ribu - Rp 500 ribu. Untuk jenis super bisa diberandol dengan harga Rp 4 juta - Rp 7 juta.  Lumayan mahal bukan.? Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment