Friday, December 14, 2018

6 Batu Akik Langka dan Mahal


Batu Akik Langka dan Mahal


Sejak beberapa tahun yang lalu, banyak masyarakat Indonesia yang dilanda demam batu akik. Orang-orang berlomba-lomba untuk mendapatkan batu akik langka dan mahal. Ada kebanggan tersendiri jika berhasil memiliki satu jenis dari batu akik yang langka dan mahal tersebut.

Penggunaan batu akik yang langka dan mahal tersebut bermacam-macam, sebagian menggunakannya sebagai mata cincin dan sebagian lainnya sebagai liontin yang diikat dengan emas dan perak.

Bagi Anda penggemar batu akik, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa jenis batu akik langka dan mahal yang bisa Anda koleksi.

6 Batu Akik Langka dan Mahal


1.Batu Jadeite
Batu Jadeite tergolong jenis batu akik langka dan mahal. Karena langkanya, tidak heran jika harganyapun sangat mahal yaitu berkisar 3 juta dollar AS per karatnya. Sekilas batu akik ini mirip sekali dengan batu giok niphrite jade yang ditemukan di Aceh, hanya saja beda kualitas, namun kemungkinan besar khasiat batu giok Aceh sama dengan batu Jadeite tersebut. Batu Jadeite pernah berhasil terjual dengan harga yang lumayan fantastis, berkisar 9,3 Juta Dollar AS di Hongkong pada tahun 1997. Wow, lumayan mahal bukan!?

2.Batu Painite
Batu Painite ini juga tergolong jenis batu akik langka dan mahal. Nilainya berkisar 60 ribu per karat. Batu ini tadinya sangat langka, karena yang pernah ditemukan hanya 3 saja, yaitu salah satunya ditemukan pertama oleh Artur Pain di Myanmar pada tahun 1950. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan batu painite ini, karena Anda sudah bisa menemukannya di Indonesia dengan harga terjangkau.

3.Batu Serendibite
Batu Serendibite juga tergolong jenis batu akik langka dan mahal. Batu ini benar-benar batu akik langka yang hanya ditemukan di Srilangka dengan nilai jual hingga 2 juta dollar Amerika per karat.

4.Batu Red Diamond
Batu Red Diamond juga tergolong jenis batu akik langka dan mahal yang sangat sulit ditemukan di dunia ini. Itulah sebabnya mengapa harga batu akik ini sangat mahal, mencapai 30 milyard rupiah per karatnya.

( Baca Juga : Batu Akik Langka dan Mahal di Indonesia )

5.Batu Musgravite
Batu Musgravite juga tergolong jenis batu akik langka dan mahal yang pernah ditemukan di wilayah Musgrave, Australia Selatan sekitar tahun 1967 sehingga dinamai dengan Batu Musgravite. Sangking langkanya batu ini, nilai jualnya mencapai 35 ribu dollar AS per karatnya.

6.Batu Black Opal
Batu Black Opal banyak ditemukan di Australia, namun tetap menjadi batu akik langka dan mahal karena jumlahnya yang sedikit, sementara peminatnya sangat banyak. Karena itu, batu akik ini dijual dengan harga yang mahal, berkisar 2.355 dollar AS tiap karatnya.

Demikianlah informasi seputar batu akik langka dan mahal para artikel kali ini. Selain keenam batu akik di atas, tentu masih ada beberapa lagi yang juga termasuk batu akik yang langka dan mahal, seperti Batu Blue Garnet yang pernah dijual seharga 6,8 juta dollar AS, Batu Red Berly Emerald yang pernah dijual seharga 10 ribu dollar AS per karat, dan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment